Jr0sR0ohFIlVw6P75OOgJjF2CNLErAqOYVYQB7SZ
Bookmark

Programmer: Buku dan Tutorial untuk Programmer dan Developer


Berikut adalah beberapa buku dan tutorial yang dapat membantu seorang programmer dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya:

"Code Complete" oleh Steve McConnell

Buku ini memberikan panduan lengkap tentang bagaimana membangun software yang berkualitas dan mudah dipelihara.

Buku "Code Complete" oleh Steve McConnell adalah buku panduan lengkap untuk menulis kode yang baik dan efektif. Buku ini terdiri dari 35 bab yang membahas semua aspek dari siklus hidup pengembangan perangkat lunak, dari perencanaan dan analisis hingga pemeliharaan dan pengujian.

Beberapa topik yang dibahas di buku ini antara lain:

  1. Pembuatan rencana proyek dan estimasi biaya dan jadwal
  2. Analisis kebutuhan pengguna dan perancangan sistem
  3. Pemrograman dan pengujian kode
  4. Pemeliharaan dan debugging kode
  5. Manajemen konfigurasi dan versi

Buku ini juga membahas banyak teknik dan praktik terbaik dalam penulisan kode, termasuk penggunaan komentar dan dokumentasi, pengujian dan debugging, serta optimasi kode. Buku "Code Complete" menjadi panduan terpercaya bagi para pengembang perangkat lunak untuk memastikan kode yang dihasilkan dapat dipelihara dan digunakan dengan efektif dalam jangka panjang.


"Clean Code" oleh Robert C. Martin

Buku ini memberikan panduan tentang bagaimana menulis kode yang bersih, mudah dipahami, dan mudah dipelihara.

Buku "Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship" oleh Robert C. Martin membahas tentang pentingnya menulis kode yang bersih, mudah dipahami, dan mudah dipelihara. Berikut adalah ringkasan isi dari buku ini:

  1. Bagaimana menulis kode yang bersih dan mudah dipahami.
  2. Pentingnya memberikan nama yang baik pada variabel, fungsi, dan kelas.
  3. Bagaimana menulis fungsi yang baik dan menghindari menulis fungsi yang terlalu panjang.
  4. Bagaimana menulis komentar yang efektif dan menghindari menulis komentar yang tidak perlu.
  5. Bagaimana mengorganisir kode dengan baik dan meminimalkan pengulangan kode.
  6. Bagaimana menangani kesalahan dengan baik dan menghindari menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.
  7. Bagaimana melakukan testing dan bagaimana menulis kode yang mudah diuji.
  8. Bagaimana memahami prinsip SOLID (Single Responsibility, Open-Closed, Liskov Substitution, Interface Segregation, dan Dependency Inversion) dalam pengembangan software.
  9. Bagaimana membuat kode yang mudah dipelihara dan dapat diubah dengan mudah.
  10. Bagaimana memperbaiki kode yang buruk dan menghindari menambahkan lebih banyak hutang teknis.

Buku "Clean Code" memberikan banyak saran dan praktek terbaik dalam menulis kode yang bersih dan mudah dipahami. Dengan mengikuti prinsip-prinsip dan teknik yang dibahas dalam buku ini, seorang programmer dapat membangun software yang berkualitas tinggi dan mudah dipelihara.


"The Pragmatic Programmer" oleh Andrew Hunt dan David Thomas

Buku ini membahas praktik dan prinsip yang harus diterapkan oleh seorang programmer agar dapat menghasilkan software yang berkualitas.

Buku "The Pragmatic Programmer: From Journeyman to Master" oleh Andrew Hunt dan David Thomas memberikan panduan praktis bagi para programmer untuk memperbaiki keterampilan mereka dan menjadi seorang programmer yang lebih baik. Berikut adalah ringkasan buku tersebut:

Buku ini membahas 70 topik terkait pemrograman, termasuk debugging, pengujian, refactoring, dan manajemen proyek. Para penulis menekankan pentingnya pendekatan "pragmatik" untuk pemrograman, yaitu menggunakan alat yang tepat untuk tugas yang tepat dan tidak berpegang pada satu teknologi atau alat tertentu.

Buku ini menekankan pentingnya pengujian dan kualitas kode. Para penulis menyarankan pengujian awal dan sering pada kode, dan menggunakan alat otomatisasi pengujian. Mereka juga menyarankan penggunaan pengujian fungsional, pengujian unit, dan pengujian integrasi untuk meningkatkan kualitas kode.

Para penulis juga membahas teknik refactoring untuk meningkatkan kode yang ada. Mereka menyarankan memecah kode menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, memperbaiki struktur dan desain kode, dan menghapus kode yang tidak perlu.

Buku ini juga membahas praktik pengembangan perangkat lunak seperti manajemen proyek, dokumentasi, dan penggunaan alat version control. Para penulis menyarankan penggunaan metodologi Agile untuk mengelola proyek dan menekankan pentingnya dokumentasi yang baik dan penggunaan alat version control seperti Git atau SVN.

Dalam buku ini juga dibahas aspek non-teknis dari menjadi seorang programmer yang sukses, seperti manajemen waktu, komunikasi dengan klien dan rekan kerja, dan pengembangan keterampilan interpersonal.

Secara keseluruhan, buku "The Pragmatic Programmer" menawarkan panduan yang jelas dan praktis untuk para programmer untuk memperbaiki keterampilan mereka dan menjadi seorang programmer yang lebih baik.


"Learn Python the Hard Way" oleh Zed A. Shaw

Tutorial ini mengajarkan dasar-dasar bahasa pemrograman Python dan membantu pemula mempelajari Python dengan cara yang mudah dipahami.

"Learn Python the Hard Way" adalah sebuah buku panduan yang ditulis oleh Zed A. Shaw untuk mempelajari bahasa pemrograman Python dari dasar hingga mahir. Berikut adalah ringkasan isi dari buku tersebut:

Pendahuluan

Buku ini memberikan pengantar mengenai Python dan bagaimana cara memulai belajar dengan metode "Learn Python the Hard Way".

Instalasi

Pada bagian ini, pembaca akan diajarkan cara menginstall Python di komputer mereka dan mempersiapkan lingkungan kerja yang optimal.

Dasar Pemrograman

Pembaca akan mempelajari dasar-dasar pemrograman seperti variabel, tipe data, input-output, operator, kondisi, dan perulangan.

Struktur Data

Bab ini membahas tentang struktur data seperti list, dictionary, dan tuple. Pembaca juga akan belajar bagaimana cara memanipulasi data di dalam struktur tersebut.

Fungsi

Pembaca akan mempelajari bagaimana cara membuat dan menggunakan fungsi di Python. Bab ini juga membahas mengenai rekursi dan lambda function.

OOP (Object-Oriented Programming)

Pembaca akan belajar tentang konsep OOP seperti class, object, inheritance, dan polymorphism.

Modul

Pembaca akan diajarkan bagaimana cara menggunakan modul dan package di Python untuk mengatur dan mengorganisir kode program mereka.

Project: A Good First Program

Bab ini akan membantu pembaca untuk mengimplementasikan semua yang telah dipelajari dalam sebuah proyek yang praktis.

Debugging

Pembaca akan mempelajari bagaimana cara melakukan debugging pada program Python.

Advance Topics

Bab ini membahas topik-topik yang lebih advance seperti multithreading, socket programming, dan regular expressions.

Apendiks

Buku ini juga menyediakan beberapa apendiks untuk membantu pembaca memperdalam pemahaman mereka tentang Python, seperti Glossary dan List of Symbols.

Secara keseluruhan, "Learn Python the Hard Way" adalah buku panduan yang sangat baik untuk mempelajari Python dari dasar. Metode belajar yang diterapkan dalam buku ini sangat efektif dan cocok bagi pembaca yang baru memulai belajar pemrograman atau ingin memperdalam pemahaman mereka tentang Python.


"Eloquent JavaScript" oleh Marijn Haverbeke

Tutorial ini mengajarkan dasar-dasar bahasa pemrograman JavaScript dan membantu pemula mempelajari JavaScript dengan cara yang mudah dipahami.

Buku "Eloquent JavaScript" oleh Marijn Haverbeke adalah buku panduan untuk mempelajari bahasa pemrograman JavaScript. Berikut adalah ringkasan isi buku tersebut:

  1. Pengantar JavaScript: Bab ini membahas sejarah JavaScript, serta cara menginstal dan menjalankan JavaScript di berbagai lingkungan.
  2. Nilai, Tipe, dan Operasi: Bab ini membahas nilai, tipe, dan operator dalam JavaScript, termasuk aritmatika, string, boolean, dan objek.
  3. Kontrol Aliran: Bab ini membahas struktur kontrol dalam JavaScript, seperti pernyataan kondisional, perulangan, dan penggunaan "switch".
  4. Fungsi: Bab ini membahas fungsi dalam JavaScript, termasuk definisi, parameter, dan pengembalian nilai.
  5. Struktur Data: Bab ini membahas struktur data dasar dalam JavaScript, termasuk array dan objek.
  6. Objek: Bab ini membahas objek dalam JavaScript, termasuk cara membuat dan mengelola properti dan metode pada objek.
  7. Modul: Bab ini membahas konsep modul dalam JavaScript, termasuk penggunaan "require" dan "export" untuk membangun modul.
  8. Keteraturan: Bab ini membahas cara menggunakan keteraturan dalam JavaScript, termasuk penggunaan ekspresi reguler dan metode terkait untuk memanipulasi string.
  9. Kesalahan dan Pengujian: Bab ini membahas cara menangani kesalahan dalam JavaScript, serta pengujian kode JavaScript menggunakan framework seperti Mocha.
  10. Fungsionalitas Dom: Bab ini membahas cara menggunakan JavaScript untuk memanipulasi dokumen HTML dan CSS pada halaman web.
  11. Node.js: Bab ini membahas pengenalan Node.js dan penggunaannya dalam pengembangan aplikasi web.
  12. Browser: Bab ini membahas bagaimana JavaScript digunakan di browser, termasuk penggunaan "ajax" dan "web storage".
  13. Animasi: Bab ini membahas cara membuat animasi menggunakan JavaScript dan CSS.
  14. TypeScript: Bab ini membahas pengenalan TypeScript, sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang kompatibel dengan JavaScript.

Buku "Eloquent JavaScript" adalah buku yang cocok untuk pemula dalam pemrograman JavaScript, serta untuk programmer yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang bahasa ini.


"Head First Design Patterns" oleh Eric Freeman dan Elisabeth Robson

Buku ini membahas pola-pola desain yang umum digunakan dalam pengembangan software dan membantu programmer untuk memahami bagaimana pola-pola tersebut dapat diterapkan.

Buku "Head First Design Patterns" oleh Eric Freeman dan Elisabeth Robson membahas tentang konsep desain perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang sama secara berulang-ulang dalam pengembangan perangkat lunak. Buku ini menggunakan gaya belajar yang unik, seperti menggunakan gambar dan ilustrasi yang menarik serta cerita-cerita yang lucu dan mudah dipahami untuk menjelaskan konsep desain perangkat lunak.

Buku ini membahas 23 pola desain perangkat lunak yang sangat umum digunakan dan membantu membentuk pola pikir dan kebiasaan dalam desain perangkat lunak yang baik. Setiap pola desain dijelaskan secara mendalam dan disertai dengan contoh kasus yang mudah dipahami sehingga pembaca dapat memahami konsep desain yang dijelaskan dengan mudah.

Beberapa pola desain yang dibahas dalam buku ini antara lain Singleton, Strategy, Observer, Decorator, Adapter, dan lain-lain. Buku ini cocok untuk pembaca yang ingin meningkatkan kemampuan desain perangkat lunak mereka dan belajar dari praktik terbaik yang telah digunakan oleh para ahli dalam industri perangkat lunak.


"The Algorithm Design Manual" oleh Steven S. Skiena

Buku ini membahas tentang dasar-dasar algoritma dan struktur data, serta memberikan panduan tentang bagaimana merancang algoritma yang efisien.

Buku "The Algorithm Design Manual" oleh Steven S. Skiena adalah sebuah buku yang membahas tentang desain dan analisis algoritma. Buku ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu "Algorithm Design Techniques" dan "Practical Algorithm Design Issues".

Bagian pertama membahas tentang berbagai teknik desain algoritma, seperti divide-and-conquer, dynamic programming, greedy algorithms, dan backtracking. Selain itu, bagian ini juga membahas tentang kompleksitas algoritma dan teknik-teknik analisis algoritma.

Bagian kedua membahas tentang isu-isu praktis dalam desain algoritma, seperti pemrosesan string, graf, dan jaringan. Buku ini juga membahas tentang strategi untuk memecahkan masalah yang kompleks dan memberikan contoh kasus-kasus nyata untuk setiap teknik desain algoritma.

Dalam keseluruhan buku, Skiena menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar algoritma dan strategi desain algoritma yang tepat untuk memecahkan masalah yang kompleks. Buku ini sangat cocok bagi mahasiswa atau profesional yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang desain algoritma.


"Programming Collective Intelligence" oleh Toby Segaran

Buku ini membahas tentang bagaimana memanfaatkan data besar dan teknik-teknik pembelajaran mesin untuk menghasilkan solusi yang cerdas dan efektif.

Buku "Programming Collective Intelligence" oleh Toby Segaran membahas topik data mining, analisis sentimen, collaborative filtering, clustering, dan teknik machine learning lainnya dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Buku ini dimulai dengan memperkenalkan konsep-konsep dasar data mining dan teknik-teknik analisis data. Kemudian, buku ini memperkenalkan pembaca pada konsep-konsep machine learning seperti naive Bayes, decision trees, clustering, dan neural networks, serta teknik-teknik pengolahan bahasa alami dan analisis sentimen.

Buku ini juga membahas tentang teknik-teknik collaborative filtering dan bagaimana menggunakannya dalam membuat rekomendasi produk atau konten, serta bagaimana mengimplementasikan teknik-teknik ini dalam sebuah website atau aplikasi.

Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan tentang teknik-teknik evaluasi model machine learning dan strategi untuk meningkatkan performa model tersebut.

Secara keseluruhan, buku "Programming Collective Intelligence" adalah panduan praktis yang sangat berguna bagi programmer dan data scientist yang ingin mempelajari teknik-teknik machine learning dan data mining dalam konteks praktis.


"GitHub Learning Lab" oleh GitHub

Tutorial ini membantu pemula memahami konsep dasar dari Git dan GitHub dan membantu mereka untuk memulai berkontribusi di proyek open-source.

GitHub Learning Lab adalah platform belajar interaktif yang ditawarkan oleh GitHub untuk membantu pengguna mempelajari berbagai konsep dan praktik dalam pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan layanan GitHub. Platform ini menawarkan berbagai kursus yang didesain untuk semua tingkat kemampuan, mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan, dengan fokus pada topik seperti Git, GitHub, dan pengembangan web.

Dalam GitHub Learning Lab, pengguna akan belajar melalui interaksi langsung dengan sistem, yaitu dengan menyelesaikan berbagai tugas dan proyek yang berbeda. Platform ini didukung oleh berbagai fitur seperti chatbot, instruksi interaktif, dan penggunaan sandbox, yang memungkinkan pengguna untuk menguji dan mempraktikkan keterampilan mereka tanpa khawatir akan merusak lingkungan produksi. GitHub Learning Lab juga memberikan sertifikat bagi pengguna yang menyelesaikan kursus dengan sukses, yang dapat digunakan sebagai bukti kompetensi dalam pencarian pekerjaan atau promosi karir.


"Google Developers" oleh Google

Sumber daya ini menyediakan tutorial dan dokumentasi untuk pengembangan aplikasi di berbagai platform Google, seperti Android, Firebase, Google Cloud Platform, dan lain sebagainya.

"Google Developers" adalah sebuah platform yang disediakan oleh Google untuk para pengembang (developers) yang ingin mempelajari dan mengembangkan teknologi Google seperti Android, Firebase, Google Cloud Platform, Google Maps, dan lain sebagainya. Platform ini menyediakan berbagai sumber daya dan tools, seperti dokumentasi, tutorial, sampel kode, forum diskusi, dan lain sebagainya, yang membantu para pengembang dalam mempelajari teknologi Google dan mengembangkan aplikasi atau layanan dengan menggunakan teknologi tersebut. Selain itu, "Google Developers" juga menyediakan program-program pengembangan, seperti program sertifikasi, program keanggotaan, dan program penghargaan, yang memberikan pengakuan dan dukungan kepada para pengembang yang berprestasi atau aktif di komunitas pengembangan Google.


Itu adalah beberapa buku dan tutorial yang dapat membantu seorang programmer dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya. Namun, ini hanya beberapa contoh saja dan ada banyak sumber daya lain yang dapat diakses untuk belajar pemrograman.

Posting Komentar

Posting Komentar